Pilih Ilmu atau Harta..?

Ilmu Harta Paling Berharga…

Suatu hari, sepuluh orang terpelajar mendatangi Ali bin Abi Thalib ra. Mereka ingin mengetahui yang mana yang lebih baik, ilmu ataukah harta. Dan mereka meminta agar masing-masing dari mereka diberikan jawaban yang berbeda-beda. Dan Ali bin Abi Thalib ra pun memberikan jawaban yang berbeda-beda pula kepada mereka masing-masing sebagaimana berikut:

(1) Ilmu adalah warisan para Nabi, sebaliknya harta adalah warisan Fir’aun. Dan tentu saja, para Nabi lebih unggul daripada Fir’aun. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

(2) Ilmu yang engkau dapat akan menjagamu, sementara harta yang engkau dapat harus engkau jaga. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

(3) Ilmu yang dibagikan akan semakin bertambah, namun bila harta dibagikan ia berkurang. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

(4) Manusia yang mempunyai banyak harta memiliki banyak musuh, sedangkan manusia berilmu memiliki banyak teman. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

(5) Ilmu menjadikan seseorang murah hati karena pandangannya menjadi luas, sedangkan harta cenderung menjadikan seseorang picik dan sengsara karena takut kehilangan hartanya. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

(6) Ilmu tidak dapat dicuri, tetapi harta selalu berpotensial untuk dicuri. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

(7) Kedalaman dan keluasan ilmu akan bertambah seiring waktu, namun, uang, rumah, dan bahan makanan semakin lama akan menjadi berkarat, lapuk, dan busuk. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

(8) Engkau dapat menyimpan catatan kekayaanmu karena ia terbatas, tetapi engkau tidak dapat menyimpan catatan ilmumu karena ia tidak terbatas. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

(9) Ilmu mencerahkan pikiran, sementara harta menjadikannya gelap. Karena itu, ilmu lebih baik daripada harta.

(10) Ilmu menyebabkan para Nabi berkata kepada Tuhan “Kami menyembah-Nya sebagaimana kami adalah hamba-hamba-Nya”, sementara harta membahayakan, menyebabkan Firaun dan Namrud bersikap congkak dengan menyatakan diri mereka sebagai Tuhan. Karena itu, ilmu jauh lebih baik daripada harta.

Sumber artikel: Diterjemahkan oleh Dimas Tandayu dari “Superiority of knowledge over wealth”

Dikutip dari buku berjudul “Hadrat Ali r.a.” oleh Prof. Madud-ul-Hasan. –ends–

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: